5 Tips Agar Presentasi Di Kantor Berjalan Sukses



5 Tips Agar Presentasi Di Kantor Berjalan Sukses [ www.BlogApaAja.com ]

Jika Anda adalah tipe orang yang mudah grogi dan takut untuk berbicaradi depan orang banyak, tentunya melakukan presentasi di depan bos maupun kolegamerupakan hal yang paling tidak disukai.



Padahal, kegiatan tersebut bukanlah hal yang sulit. Anda hanyamembutuhkan beberapa persiapan secara matang agar presentasi yangdilakukan berjalan dengan baik dan sukses. Berikut ini beberapa tips bermanfaattentang cara mempersiapkan dan melakukan presentasi di tempat kerja,seperti dikutip dari Idiva.

1. Selesaikan Pekerjaan Anda Secepatnya



Jika memiliki pekerjaan yang menumpuk, sebaiknya segeralah diselesaikan.Jangan sampai menyelesaikannya saat berdekatan dengan hari H dimana Anda akanmelakukan presentasi. Hal ini untuk menghindari aktivitas yang membuat Andamenjadi kewalahan. Sehingga nantinya Anda bisa lebih fokus untuk mempersiapkanmateri yang mau dipresentasikan.

2. Jadilah Orang yang Terorganisir



Dapat mengatur waktu dengan baik, juga merupakan kunci sukses agar dapatmenyiapkan materi presentasi secara sempurna. Pergunakanlah waktu Anda sekitarsatu hingga lima jam untuk mempersiapkan materi presentasi, mulai daripembuatan power point hingga cue card. Jangan lupa juga untuk menyimpan data-datanyadengan benar, baik itu disimpan di dalam cd, desktop laptop, maupun hard disk.Membuat hard copy juga penting. Jadi pastikanlah waktu yang ada dipergunakandengan maksimal.

3. Gunakan Ilustrasi dan Grafik



Ilustrasi, gambar, grafik dan statistik lainnya dapat membantumelengkapi data Anda yang akan dipresentasikan. Banyak orang yang membuat powerpoint presentasi dengan polos tanpa adanya gambar, ilustrasi, dan sebagainya.Hal tersebut bisa menimbulkan rasa jenuh bagi pendengarnya. Jadi sebaiknya gunakanlahide kreatif Anda untuk membuat power point presentasi secara atraktif.

4. Jadilah Orang yang Informatif



Banyak orang yang selalu bekerja keras mengumpulkan informasi berhargauntuk membuat power point presentasi. Mereka percaya bahwa pendengar inginmendengar semua informasi tersebut. Namun, sebaiknya Anda memilih informasiyang terbaik. Sehingga saat presentasi nanti Anda hanya menjelaskan materi yangpenting.

5. Pastikan Informasi Tersampaikan dengan Baik



Saat melakukan presentasi, pastikan di setiap slide Anda menjelaskannyadengan benar. Jangan sampai ada informasi yang terlewatkan. Anda juga perlumemastikan bahwa cara Anda melakukan presentasi dapat menarik perhatian paraaudiens.


Follow On Twitter