Tumor Sebesar Melon, Rusuk Diganti Beton



Tumor Sebesar Melon, Rusuk Diganti Beton [ www.BlogApaAja.com ]

Marek Barden

kini punyajulukan baru: manusia bionik. Setelah sebagian tulang rusuknya diangkat,Barden memiliki organ baru berupa tulang rusuk dari bahan panel beton.



Barden didiagnosis menderita kanker pada Agustus 2011 setelah mengeluhmemiliki benjolan di sisi tubuhnya. Tim dokter menemukan sebuah tumorchondrasarcoma yang sangat langka seberat 1,5 kg. Tumor membungkus beberapatulang rusuk dan mendorong limpanya.

Lima minggu kemudian, Barden menjalani operasi selama enamjam untuk menghilangkan tumor dari lapisan paru-paru sebelah kiri, enam tulangrusuk dan diafragmanya. Guna mengganti tulang rusuk yang diangkat, panelbeton sepanjang 25 cm persegi dipasang. Sementara itu, otot bahunya digunakanuntuk memperbaiki diafragmanya.

Pria asal Bristol yang merayakan ulang tahun ke-40-nya di rumah sakitmengatakan akibat tumor itu dia memiliki luka memanjang dari bahu kiri keperut. "Mereka mengangkat 1,5 kilogram tumor dan kemungkinanmengembalikannya dalam bentuk panel beton," katanya seperti dikutipThe Sun.

"Saya bisa merasakan ada sedikit benjolan di bagian dadasaya. Tapi saya tak lagi punya rasa pada bagian tubuh itu lagi. Saya kini sudahterbiasa."

Mengenai tumornya itu, Marek menyatakan tak terlalu merasakan sakit lagisebab dirinya selama ini memang bergelut dengan penyakit osteoarthritis beratsepanjang hidupnya. "Saya tidak menyadarinya. Benjolan tumor mencuatbeberapa inci di sisi tubuh saya. Pada saat dikeluarkan besarnya seukuranmelon."

Tumor Sebesar Melon, Rusuk Diganti Beton [ www.BlogApaAja.com ]

Sempat bersiap meninggal dunia, Marek mengatakan dia seorang yangtangguh dan keras kepala sehingga mampu bertahan. Sebelumnya, dia juga pernah dioperasisaat berusia 14 tahun karena tumbuh tumor jinak pada tulang-tulangnya.

Marek, yang ibunya meninggal karena kanker 12 tahun lalu, mengatakan,"Saya sangat beruntung. Saya mengabaikannya begitu lama sebelum ke dokter.Saya beruntung tumor hanya menekan organ saya saat tumbuh besar,padahal itu bisa menimbulkan komplikasi yang lebih banyak lagi."


Follow On Twitter