7 Cara Unik Mengatasi Flu Dan Batuk



7 Cara Unik Mengatasi Flu Dan Batuk [ www.BlogApaAja.com ]

Memasuki musim hujan, tak heran jika penyakitflu jadi lebih sering dialami. Banyak orang ang mengatasinya dengan meminumobat antibiotik atau obat-obatan lainnya. Namun tahukah Anda bahwa ada beberapacara lain yang cukup unik tetapi bisa bantu atasai flu.

Berikut adalah 7 cara unik mengatasi penyakitflu dan batuk seperti dilansir dari Best Health.

1. Mendengar MusikJazz



Penelitian menemukan bahwa mendengarkan musikjazz selama 30 menit meningkatkan Immunoglobulin A (IgA) yang merupakan proteinkekebalan tubuh untuk melindungi tubuh dari infeksi. Menurut dokter naturopatiJean-Jacques Dugoua, IgA bertempat di mukosa yang merupakan pembatas hidung,mulut, tenggorokan, dan daerah tubuh lainnya dan berfungsi sebagai antibodiyang mencegah virus.

2. Memakai KausKaki Basah



Walaupun terdengar aneh, namun menurut dokterLeslie Solomonian memakai kaus kaki basah saat tidur dapat meningkatkankekebalan tubuh. Cara untuk melakukannya adalah rendam kaus kaki dalam airdingin, lalu pakailah pada kedua kaki Anda dan lapisi lagi dengan kaus kakiberbahan wol yang hangat. Menurut Dr. Solomonian, kaus kaki dingin menstimulasisirkulasi tubuh ke kaki, menghilangkan rasa tersumbat dari kepala, dan mengaturrespon kekebalan tubuh.

3. OlahragaRingan



Menurut Dr. Dugoua, latihan ringan dapatmenghasilkan efek anti-inflamasi (dapat menghilangkan radang yang bukandisebabkan oleh infeksi) dan kemudian mengurangi resiko dari infeksi. Latihanringan juga dapat meningkatkan suhu tubuh yang berfungsi untuk meningkatkanrespon kekebalan tubuh. Jika Anda malas berolah raga, minumlah teh yang dapatmenghasilkan keringat seperti teh peppermint, yarrow, atau catnip yangsama-sama berfungsi untuk menaikkan suhu tubuh.

4. KonsumsiCokelat



Cokelat mengandung theobromine, yaitu komponenyang menekan aktivitas saraf yang menimbulkan batuk. Namun kandungan gula dapatmelemahkan kekebalan tubuh, oleh karena itu konsumsilah dark chocolate yangtidak mengandung gula. Jika Anda kurang menyukai rasa cokelat yang pahit, Andadapat menambahkan madu.

5. Bawang Bombay



Bawang bombay dapat mencegah flu karenabersifat antimikroba, terutama dalam kondisi masih mentah. Selain itu, bawangbombay juga mengandung banyak sulfur yang membantu fungsi kekebalan tubuh dandetoksifikasi. Konsumsilah bawang bombay mentah dengan obat batuk berbentuksirup atau masaklah bawang bombay dalam kaldu ayam atau sayuran.

6. Konsumsi Tiram



Tiram kaya akan mineral zinc, yang berperandalam mengatur fungsi sel darah putih yang dapat melawan virus dan bakteri.Menurut Dr. Dugoua, tiram adalah zinc terbaik. Jika Anda adalah seorangvegetarian, Anda dapat mengkonsumsi makanan yang mengandung gandum,kacang-kacangan, atau suplemen.

7. Segelas AirKelapa



Saat sedang flu dan demam tubuh kehilanganbanyak cairan, untuk itu cairan tubuh harus digantikan kembali denganmengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung elektrolit. Menurut Dr. Dugoua,air kelapa adalah elektrolit yang baik. Selain air kelapa, elektrolitjuga bisa didapatkan dari garam, dan pisang.

Follow On Twitter