[renungan] Nilai Seseorang Dari Hatinya, Bukan Penampilannya..



[renungan] Nilai Seseorang Dari Hatinya, Bukan Penampilannya.. [ www.BlogApaAja.com ]

Di sebuah alun-alun kota, seorang wanita tua baru selesai berbelanja.Dia berjalan melewati beberapa blok toko dan cafe. Wanita tua itu berpapasandengan anak-anak muda pekerja kantor yang terlihat sangat rapi sambil menentengtas kerja. "Wah.. anak-anak ini pasti orang-orang baik," demikianpikirnya.

Kemudian sang wanita melewati beberapa gerombol anak muda yangberpenampilan berantakan, sepertinya mereka meniru bintang rock masa kini.Rambut warna-warni, pakaian hitam sobek sana-sini. "Anak-anak ini pastitukang rusuh, penampilan berantakan, dan pasti tidak menghormati orangtua," demikian batin sang nenek saat berjalan melewati gerombolan anakmuda tersebut.

Tibalah sang nenek di penyeberangan jalan. Dia kebingungan dan takutmenyeberang karena lampu penyeberangan jalan rusak. Dia menunggu hingga adayang mau membantu. Para pekerja kantor yang dikira baik dan sopan hanya berlalubegitu saja. Mereka sangat cuek dan lebih asik bermain dengan handphone mereka.Sang nenek hanya menghela napas panjang.

"Nenek mau menyeberang jalan?" tanya seseorang. Sang nenekmenoleh dan melihat tiga anak berpenampilan rock berdiri di sampingnya."Mari kami bantu," ujar salah satu dari mereka. "Kalau tidakkeberatan, mari saya bawakan barang nenek, kelihatannya berat," ujar anakmuda yang satu lagi.

Akhirnya sang nenek menyeberang jalan dibantu tiga anak muda yangdikiranya tukang biang orang dan tidak punya sopan-santun. Anak-anak muda itumemang tampil berantakan dan sering dianggap biang onar. Nyatanya, merekajustru membantu sang nenek tanpa diminta. Tak hanya itu, mereka membantu sangnenek mendapatkan bis dan mengangkat barang belanjaan sang nenek ke dalam bis.

"Terima kasih, ternyata selama ini saya salah menilai kalian,"ujar sang nenek dengan senyum mengembang.

Penampilan seseorang seringkali menipu. Orang yang berpenampilanberantakan dan berwajah seram belum tentu berhati jahat. Mereka yang tampilrapi dan berwajah tenang belum tentu baik, bisa saja mereka adalah penipu ulungatau koruptor yang menguras uang negara.

Jadi.. kenali seseorang dari hatinya, bukan dari penampilan luarnyasaja.


Follow On Twitter